Ambon, sinodegpm.org - Minggu, 27 Desember 2020 Jemaat GPM Menara Kasih menorehkan sejarah baru dalam awal rentang perjalanan Pelayanan Lima Tahunan melalui Sosialisasi Rencana Strategis (Renstra) Jemaat GPM Menara Kasih Tahun 2021- 2025 pada Minggu, 27 Desember 2020 di gedung gereja Menara Kasih. Ketua Majelis Jemaat GPM Menara Kasih, Pdt. Djad. C.J. Noya, S.Th dalam prakata menyampaikan bahwa penyelesaian Renstra merupakan kado natal bagi jemaat dan bertepatan dengan minggu terakhir di tahun 2020. Menurut Pdt Noya, “semua program dan kegiatan yang dilahirkan dalam dokumen Renstra adalah benar-benar sesuai dengan potensi jemaat, dari jemaat untuk jemaat”.
Pdt Noya menyampaikan terima kasih kepada Tim Renstra Jemaat GPM Menara Kasih yang telah bekerja keras, maksimal dan sangat total menyelesaikan penyusunan dokumen Renstra 2021 – 2025 dalam kurun waktu 80 hari kerja efektif. Pdt. Noya juga menyampaikan terima kasih yang tulus kepada Direktur Balitbang GPM, Pdt. Mon Werinussa sebagai bagian utuh dari Jemaat GPM Menara Kasih yang selama ini turut mendampingi, mengarahkan dan bekerja bersama Tim Renstra.
Anggota Majelis Pekerja Klasis GPM Kota Ambon, Pnt. Roy Mongi dalam arahan pembukaannya memberikan apresiasi kepada Jemaat GPM Menara Kasih untuk kerja cepat, tepat dan terukur sehingga tanpa diduga dokumen Renstra Lima Tahunan dapat terselesaikan dengan baik. Pada kesempatan itu juga, ia mengharapkan potensi jemaat di bidang seni dapat digunakan secara maksimal dalam menatalayani kehidupan berjemaat ke depan.
Ketua Tim Renstra Poly Rikumahu dalam presentasi Renstra Jemaat pada acara sosialisasi tersebut menyampaikan beberapa hal; Pertama, kerja Renstra dilakukan oleh Tim dan Majelis Jemaat; Kedua, penggunaan data base berbasis MSIPT; ketiga, Perkembangan pelayanan Jemaat GPM Menara Kasih tahun 2016-2020 (Moneva) mencapai 90%; Keempat, identifikasi kekuatan, potensi, nilai positif, cerita sukses dan pengalaman terbaik dilakukan sesuai kondisi internal dan eksternal Jemaat; Kelima, Analisa keuangan; Keenam, perumusan 10 prioritas pengembangan pelayanan; Ketujuh, perumusan 19 Sasaran Startegis Pengembangan Pelayanan pada tiga (3) Profil (Umat, Pelayan dan Lembaga); Kedelapan, kegiatan strategis tahun 2021-2025 (sekaligus mengeluarkan kegiatan tahun 2021 pada matriks program pelayanan).
Merespons presentasi Renstra Jemaat GPM Menara Kasih tersebut, Tim Asistensi Renstra Klasis GPM Kota Ambon, Johan Tupan (Ketua) dan Dessy Patty (Sekretaris) memberikan beberapa catatan konfirmatif dan pengembangan. Tupan selain mengapresiasi selesainya penyusunan Renstra Jemaat GPM Menara Kasih, ia juga mengkonfirmasi beberapa hal terkait dokumen Renstra Jemaat GPM Menara Kasih, yaitu tahapan dan alur proses penyusunan, penetapan prioritas pengembangan dan penyusunan indikator yang terukur, realistis, dan dapat dijangkau.
Tupan mengapresiasi cara Tim Renstra merumuskan indikator sasaran maupun indikator kegiatan karena indikator tersebut berbasis data MSIPT dan mendorong progress pengembangan. Sedangkan Patty juga mengkonfirmasi posisi kegiatan rutin yang sesuai pedoman Renstra yang harus diakomodasi pada APBJ karena kegiatan-kegiatan tersebut juga penting dilakukan. Selain itu, Patty berharap Renstra Jemaat dapat melihat pergumulan serius tentang air bersih pada wilayah Kusu-Kusu Sereh sebagai sumber air bagi masyarakat Kota dimana Jemaat-Jemaat ada didalamnya.
Beberapa peserta pada kesempatan sosialisasi tersebut juga menyampaikan saran tentang pentingnya pengembangan potensi seni, potensi di bidang perbengkelan dan juga validasi data-data keuangan untuk melihat trend keuangan.
Kegiatan Sosialisasi tersebut dihadiri oleh Majelis Jemaat, pengurus unit, Badan Pembantu Pelayanan, Pengurus AMGPM Cabang Menara Kasih dan warga Jemaat. Dengan selesainya sosialisasi Renstra maka tahapan selanjutnya adalah Tim melakukan beberapa revisi dan finalisasi dokumen yang kemudian diserahkan ke Majelis Jemaat dan Majelis Pekerja Klasis untuk dibahas pada Persidangan Jemaat tahun 2021.
-----
Penulis: Tim Renstra Jemaat GPM Menara Kasih.